Bukan Review Berbayar, 5 Detergen Paling Bagus untuk Mencuci

, , 7 comments
Ini review jujur ya, Gengs, bukan iklan selipan atau yang semacamnya. Sedang iseng saja karena tadi habis mencuci, jadi kepikiran menulis artikel 5 rekomendasi detergen paling bagus untuk mencuci pakaian.

Ditulis berdasarkan pengalaman pribadi, karena aku suka gonta-ganti detergen. Bukan dalam rangka mencari mana yang paling bagus, tapi aku pembosan. Namun dalam “petualangan” menggunakan berbagai detergen, beberapa merek kutandai sisi positif dan negatifnya.

detergen paling bagus

Yang negatif gak perlu diulaslah, ya. Kutulis yang menurutku bagus saja. “Menurutku”, artinya memang sangat subjektif alias penilaiannya berdasarkan selera pribadi. Misalnya wanginya yang menurutku enak, bisa jadi menurut orang lain nggak. Tidak terasa kasar di tangan, mungkin tangan orla yang lebih sensitif malah jadi korengan. Serta hasil cucian yang menurutku lumayan, tapi di mesin cuci orang lain ternyata berbeda.

Oke, menjelang ke review 5 detergen paling bagus, disclaimer dulu bahwa urutan 1 sampai 5 berikut ini bukan berdasarkan peringkat performa detergen tersebut. Tapi semata-mata urutan biasa. Kugunakan abjad biar lebih fair, ya!

1. Attack Softener

detergen paling wangi tahan lama

Dibanding Attack Easy ataupun produk detergen Attack yang ekonomis (Jaz1), aku lebih suka Attack Softener. Wanginya khas dan awet. Karena konsentrat, hanya butuh satu sendok takar untuk satu kali pencucian (mesin cuci 7 kg).

Selain bubuk, tersedia juga Attack Softener dalam bentuk liquid (cair). Idealnya sih pilih yang liquid, karena lebih ramah lingkungan. Tapi karena faktor wadah dan susah nakar, meski gak terpaksa-terpaksa amat, kupilih yang bubuk.

Kelebihan Attack Softener selain wanginya yang kalem, juga merupakan deterjen bubuk yang tidak panas di tangan. Hasil cucinya lumayan bersih, dan gak bakal bau apek walau nyuci saat cuaca sedang tidak mendukung (mendung atau hujan).

2. B29

detergen paling bagus

Melihat atau mendengar merek sabun B29, kamu jadi ingat suasana jadul gak sih? Dulu populernya sebagai sabun colek (krim) untuk cuci pakaian dan piring. Iklannya seliweran di radio. Waktu itu sabun cuci pakaian dalam bentuk batang masih marak digunakan. Mungkin malah tergolong detergen paling bagus.

Meski jadul, dari segi harga, detergen B29 bukan tergolong detergen murah. Walau gak mahal-mahal amat. Masih di atas Boom, Wow, dsb. Btw jangan remehkan dua merek yang barusan kusebut, keduanya juga tergolong bagus. Gak kuulas karena jarang pakai, gak ketemu kemasan besarnya di swalayan. Suamiku kalau belanja seringnya pilih yang besar sekalian, jadi gak bolak-balik.

Kalau sudah kehabisan dan belum sempat belanja bulanan, biasanya aku beli detergen di toko dekat rumah. Dan ketemulah Boom atau Wow, yang dipakai beberapa kali cuci saja sudah habis. Wajar kalau murah kan, memang isinya sedikit. Jadi murah aja, bukan murahan.

Balik ke detergen B29. Menurutku wanginya unik, bersih nggaknya aku kurang perhatian, haha. Di tangan juga biasa aja, gak bikin iritasi. Soal busa, B29 gak wah-wah banget, dan itu bagus. Kabarnya makin banyak busa, makin gak ramah lingkungan produk sabunnya.

3. Daia Putih

detergen paling bersih

Untuk pakaian berwarna putih tapi nggak polos, aku cenderung lebih memilih detergen putih ketimbang produk pemutih. Bahkan untuk yang polos sekalipun, pemutih jarang kugunakan karena cenderung ribet penggunaannya. Kalau tidak hati-hati bisa pudarlah, kuninglah, atau malah ngelunturin yang bukan putih.

Daia Putih terpilih gak sengaja aja, karena di toko tetangga adanya itu. Tapi lihat hasilnya lumayan, bersih banget malah untuk ukuran mesin cuci. Kalau dicuci manual, pakai sabun mandi juga bersih kok, hehe.

Ketika terpaksa menjemur di dalam rumah, pakaian yang dicuci dengan Daia Putih juga nggak amis atau apek. Tapi ya … setiap selesai mencuci, aku harus segera menggunakan lotion di telapak tangan.

4. Oxyklin

merek detergen yang bagus untuk mesin cuci

Asing dengan merek ini? Oxyklin mungkin “sub” dari Bukrim. Karena kalau dicari di Google, yang muncul adalah Bukrim Oxyklin. Tapi bakal repot juga kalau tanya ke kasir Alpamei, “Ada bukrim oxiklin?” lebih gampang cari sendiri. Yup, inilah detergen paling bagus keempat (ingat, ini bukan urutan kualitas!)

Oxyklin gak pernah terlihat di toko kecil dekat rumahku, minimal minimarketlah. Hadiahnya piring keramik cantik, yang sering banget diambil duluan entah oleh siapa. Pokoknya kasir tinggal bilang, “Piring keramiknya habis, piring biasa mau?”

Iya, piring itu kelebihannya! Selain wanginya yang juga enak, nggak apek walau proses mencuci pakaian kadang terlalu lama. Kondisinya di rumahku PDAM rajin padam, rajin banget pokoknya! Belum lagi kalau listrik padam, air ikut padam. Padahal PLN-nya sendiri juga hobi banget mati gaje, tanpa butuh hujan, angin, atau alasan alam lainnya. 

Jadi ada kalanya pakaian baru disabun, tau-tau airnya mati. Ya sudah, tunggu nanti baru dilanjut. Tak jarang malah diteruskan besoknya. Maka aku kadang butuh pewangi pakaian untuk menghindari bau apek atau amis. Tak lupa menandai detergen yang kurang bagus, supaya jangan dibeli lagi.

5. So Klin Softergent

detergen paling wangi

Dulu aku sering membeli So Klin Softergent yang liquid. Tapi gara-gara hamil muda, penciumanku sensitif lebay sehingga wanginya tersimpan di memori otak. Waktu nggak hamil, kenangan mual dan pusing itu muncul lagi setiap menggunakan detergen ini. Nyusahin kan! 

Entah hidungku yang keliru atau gimana, biasanya produk dengan varian yang sama (meski beda tekstur), wanginya sama. Tapi So Klin Softergent liquid berbeda aroma dengan yang bubuk. Maka ketika suami membawa pulang So Klin Softergent bubuk ukuran besar ke rumah, aku menikmati wanginya setiap kali mencuci.

Bagaimana dengan hasil cuciannya? Nggak tau juga, wkwk. Tapi secara umum kelima detergen yang kubahas di artikel ini cukup baik performanya. Kalau mau yang bersih sempurna, cuci manual. Kucek dengan tangan, sikat pakai beros cucian di atas papan penggilesan. Gak usah pilih-pilih sabun, insyaallah bersih! 

Apakah kelimanya merupakan merek detergen yang bagus untuk mesin cuci? Bisa jadi. Tapi mesinku yang dua tabung loh ya, bukaan atas. Ehem, yang murah. Dengan mesin cuci yang sudah bertahun-tahun kupakai itu, lima deterjen bubuk di atas kuanggap yang terbaik. Entah kalau besok-besok ketemu merek lain yang lebih baik.

Kalau ditanya, mana detergen paling bersih? Mungkin Daia Putih pemenangnya. Saranku, tambahkan pelembut pakaian setelah bilasan terakhir. Karena agak kaku hasil cuciannya. Dan konon, bikin pudar jika dipakai pada pakaian yang bukan putih. Konon itu, bisa iya bisa nggak.

Mana detergen bubuk paling wangi? Semuanya wangi, tergantung selera yang mencucinya. Rasanya nggak ada deh detergen yang gak wangi. Kalau detergen paling wangi tahan lama? Attack Softener boleh dikasih piala. Walau lama di lemari, wanginya masih terasa waktu dipakai.

Dahlah ya, itulah 5 detergen paling bagus versi iluvtari. Kamu boleh setuju boleh nggak. Mau coba silakan, nggak juga gak masalah. Kalau bisa, kamu kasih saran merek lainnya yang menurutmu berkualitas baik. Kolom komentar ada di bawah, Gengs!

7 comments:

  1. Dari kelima merk deterjen di atas, sehari-hari saya pakai yang no 5, tapi yang versi cairnya, dengan alasan yg cair lebih ramah lingkungan. Dan saya pakai tutup botolnya buat nakar sabun cair. 1 tutup botol untuk 10 lembar pakaian dan berlaku kelipatan.

    ReplyDelete
  2. Dulu pakai no. 3 tapi gak cocok sama kulitku. Sekarang pakai no.5 alhamdulillah selain wanginyang paling penting adalah kulitku baik-baik saja.

    ReplyDelete
  3. saya pengguna no 1 wkkwk, karena nggak cuman harganya yg murmer, tp sangat bagus ketika mencuci pakaian.

    ReplyDelete
  4. Dari semua deterjen saya belum pernah menggunakan OxyKlin kak, mungkin karena belum pernah lihat. Btw paling suka dengan SoKlin karena lembut dan wangi.

    ReplyDelete
  5. Tulisan bagus nih
    Jarang banget ada yang mengulas detergent padahal selalu kita gunakan untuk nyuci baju
    Kok gak ada Rinso?
    Karena busanya terlalu banyak ya?
    Kata seorang teman, lulusan sekolah tinggi tekstil, mereka memberi banyak busa untuk memberi suggest pakaian bersih 😀😀😀

    ReplyDelete
  6. Sebagai anak kost yang keseharian nya nyuci sendiri, ini kebantu banget setelah baca artikel ini kak hehe. Soalnya akutuh kalau beli detergen ya asal aja gitu haha. Makasih loh sudah kasih rekomendasi detergen paling bagus untuk mencuci pakaian 🤗

    ReplyDelete
  7. kalau aku biasanya mana aja dah yang lagi promo di superindo wkwk soalnya kalau udah promo tuh harganya bisa lumayan banget. o ya, aku juga prefer yang cair sih kak karena pakai mesin cuci

    ReplyDelete

pembacaku nan baik budi, gunakan profil google yg jelas ya, yg pake wp juga boleh langsung nama blognya. yg penting jgn anonim, pelan2 tamu anonim akan dihapus komennya dr blog ini.