Rasakan Serunya Menjelajahi Berbagai Destinasi Wisata NTT

Keindahan alam Indonesia memang seakan tak pernah ada habisnya sehingga selalu menarik untuk dijelajahi. Kita patut berbangga hati menjadi warga Indonesia sebab banyak sekali wisatawan asing terpukau dengan pesona tanah kelahiran kita. Sebelum menjelajahi destinasi wisata di luar negeri, tentu lebih baik jika kita membanggakan keindahan negeri sendiri.

Berwisata ke kawasan timur Indonesia kini semakin mudah berkat dukungan Garuda Indonesia. Maskapai asli tanah air ini menyediakan pilihan rute perjalanan yang lengkap, termasuk ke kawasan Nusa Tenggara Timur (NTT). Kamu tinggal pesan tiket pesawat Garuda melalui Traveloka jika ingin mewujudkan liburan ke kawasan tersebut dalam waktu dekat.

Destinasi Wisata NTT

Jika sekarang kamu masih berada dalam tahap perencanaan liburan, maka sebaiknya kamu menyimak ulasan tentang berbagai destinasi wisata istimewa NTT berikut ini:

1. Taman Nasional Pulau Komodo

Rekomendasi destinasi wisata NTT pertama yang tak boleh luput dari perhatian adalah Taman Nasional Pulau Komodo. Destinasi yang satu ini memang senantiasa ramai pengunjung karena memiliki ciri khas hewan endemik berupa komodo. Lebih hebatnya lagi, Taman Nasional Pulau Komodo termasuk dalam salah satu warisan keajaiban dunia versi UNESCO. Selain melihat langsung komodo dari jarak dekat, kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru lainnya ketika berada di pulau ini, seperti memancing, snorkeling, dan berburu spot foto estetik sampai puas.

2. Labuan Bajo

Kawasan Pulau Komodo, Manggarai Barat juga punya objek wisata menarik lainnya yang tak kalah populer dibandingkan Pulau Komodo, yaitu Labuan Bajo. Pantai Labuan Bajo menyuguhkan panorama yang sangat cantik dengan air jernih yang membuat pemandangan bawah lautnya dapat terlihat jelas. Jika ingin menyaksikan Festival Komodo, maka sebaiknya kamu mengunjungi Labuan Bajo antara periode Januari hingga Maret. 

3. Pulau Kanawa

Taman Nasional Pulau Komodo terdiri dari beberapa objek wisata alam yang keindahannya tak perlu diragukan lagi, salah satunya yaitu Pulau Kanawa. Pulau seluas 32 hektar ini memiliki kekayaan flora dan fauna eksotis yang menarik untuk diamati. Selain itu, Pulau Kanawa dikelilingi hamparan air laut berwarna biru jernih yang membuat suasananya makin indah dan siapa pun menjadi betah sewaktu mengunjunginya.

4. Pantai Pink

Sejak beberapa tahun lalu, Taman Nasional Pulau Komodo semakin terkenal karena keberadaan pantai yang pasirnya berwarna merah muda. Pantai Pink memang terlihat memukau karena tampilannya berbeda dengan pasir pantai pada umumnya. Keunikan tersebut membuat pantai pink selalu ramai pengunjung. Para pengunjung gemar melakukan berbagai aktivitas santai di tempat tersebut, seperti berjemur, voli pantai, berjalan santai menyusuri pantai, atau sekadar bermain pasir. Keindahan Pantai Pink tentu wajib diabadikan dalam bentuk konten visual maupun audio visual.

5. Danau Kelimutu

Dongeng terkenal tentang danau tiga warna ternyata dapat kamu saksikan secara langsung bila mengunjungi Danau Kelimutu di Pulau Flores. Keunikan destinasi ini terletak pada warna air danau yang berbeda-beda karena ada kandungan belerang di bawah air tersebut. Saat berada di Danau Kelimutu, kamu juga bisa menikmati pemandangan dari atas bukit hijau dengan hembusan udara menyegarkan. Tak mengherankan bila banyak orang rela mengorbankan waktu dan tenaga untuk mendaki gunung demi melihat sendiri keindahan Danau Kelimutu.

6. Air Terjun Oenesu

Kelurahan Oenesu yang berlokasi di Kecamatan Kupang Barat memiliki objek wisata bernama Air Terjun Oenesu. Sumber mata air di destinasi wisata ini masih terjaga kebersihannya karena terletak di hutan Kupang yang cukup sulit dijangkau. Jika kamu tergolong orang yang suka berpetualang ke alam, cobalah meluangkan waktu untuk singgah ke Air Terjun Oenesu. Kawasan air terjun ini terdiri dari empat tingkat kolam kecil yang terbentuk secara alami serta dilengkapi pemandangan hijau yang sangat asri.

7. Bukit Cinta

Referensi destinasi wisata NTT selanjutnya yang tak kalah istimewa adalah Bukit Cinta. Lokasi objek wisata ini terletak di Desa Golo Lijun, Manggarai Timur. Bentang alamnya terdiri dari bukit seluas puluhan hektar yang ditutupi padang rumput gersang. Nama Bukit Cinta berasal dari kebiasaan muda-mudi yang menggunakan tempat tersebut untuk menyatakan cinta kepada calon pasangannya. Wisatawan yang mengunjungi objek wisata tersebut biasanya gemar berburu foto sambil duduk-duduk menunggu momen matahari terbenam. Selain itu, ada gua peninggalan Belanda yang terdapat di balik perbukitan dan cukup sering dikunjungi para wisatawan.

8. Air Panas Mengeruda

Hingga satu ini belum banyak wisatawan yang menyadari kalau NTT juga punya tempat wisata air panas di Kecamatan Soa, Bajawa. Wisata air panas Mengeruda menyediakan kolam di alam terbuka sehingga pengunjung bisa berendam sambil menikmati suasana alam yang nyaman. Berendam air panas sangat ampuh menghilangkan penyakit kulit sekaligus menjaga stamina tubuh. Khasiat tersebut membuat para wisatawan selalu penasaran ingin membuktikan khasiat air panas Mengeruda.
 
Setelah menyimak ulasan ini, tentu saja kamu jadi makin tak sabar mengunjungi kawasan NTT yang keindahan alamnya sangat tersohor. Kamu tinggal klik aplikasi Traveloka untuk mendapatkan akomodasi perjalanan secara lengkap pada waktu yang kamu inginkan. Liburan di dalam negeri maupun luar negeri pasti bikin kamu selalu teringat Traveloka.

No comments