6 Tips Naik Kereta Api dengan Si Kecil Biar Nggak Mudah Bosan

Pernah nggak kepikiran mengajak si kecil liburan ke luar kota naik kereta api? Pasti bakal seru banget karena jenis transportasi ini sangat menarik bagi mereka. Mulai dari bentuk kereta api yang unik hingga suaranya yang sedang melaju kencang akan menghadirkan pengalaman yang nggak mudah dilupakan.

Namun, anak-anak mudah sekali merasa bosan. Perjalanan menempuh jarak jauh yang membutuhkan waktu berjam-jam bisa saja membuat mereka nggak sabar. Untuk menangani situasi semacam ini, kamu harus punya strategi tersendiri. Jangan sampai beli tiket KA, tetapi justru malah nggak nyaman dalam perjalanan. Yuk, baca dulu tipsnya berikut ini!

Tips Naik Kereta Api bersama Anak

tips naik kereta api

1. Batasi Barang Bawaan

Tips ini sebenarnya simpel ya. Bukan berarti kamu nggak boleh bawa apa pun selama naik kereta api. Namun, akan lebih mudah untuk mengawasi anak jika barang bawaan nggak terlalu banyak. Apalagi jika anak masih aktif dan suka mengeksplorasi sekitarnya, kamu pasti lebih repot mengikutinya dengan beban yang berat dan besar.

Karena itu, sebelum berangkat, pilih dengan cermat barang yang penting dan pasti akan digunakan. Sebaiknya, bagilah barang bawaan ke dalam dua tas. Untuk benda yang akan digunakan dalam perjalanan, tempatkan di dalam tas yang mudah dijangkau. Pilihlah tas yang mudah dan praktis untuk dibawa.

2. Ajak Anak Berkomunikasi

Sebelum berangkat, sebaiknya ajak anak mengobrol lebih dulu. Ceritakan rencana perjalanan yang akan kalian lakukan, termasuk lama waktu perjalanan. Beritahukan juga gambaran sejelas mungkin dalam kereta api dan apa yang boleh serta nggak boleh dilakukan. Dengan begitu, anak memiliki bayangan mengenai hal yang akan dihadapinya.

Begitu juga ketika perjalanan dengan kereta api sudah dimulai. Tetap ajak anak untuk berkomunikasi. Bukan hanya memberitahukan larangan, tapi juga menyampaikan hal-hal yang belum diketahui oleh anak. Biasanya mereka akan banyak bertanya mengenai sesuatu yang masih asing. Kesempatan ini bisa menjadi momen untuk belajar bagi mereka.

3. Sebaiknya Duduk Berdekatan

Perjalanan kereta api paling asyik dinikmati bersama-sama. Jika kamu adalah keluarga besar dengan banyak anggota keluarga, sebaiknya pesanlah tiket jauh-jauh hari agar bisa mendapatkan tempat duduk berdekatan. Kamu bisa mengusir kebosanan menempuh perjalanan jauh dengan saling mengobrol atau bahkan bermain.

Apalagi jika mengajak si kecil, paling tepat memang mengusahakan tempat duduk yang berdampingan. Salah satu alasan utamanya adalah faktor keamanan. Kamu bisa dengan mudah memperhatikan aktivitas mereka tanpa harus merasa khawatir. Ini berlaku terutama jika kamu mengajak lebih dari satu anak.

4. Persiapkan Makanan dan Minuman

Salah satu cara untuk mengalihkan rasa bosan si kecil adalah dengan mengajaknya makan. Karena itu, kamu perlu membawa makanan yang mereka sukai sebagai bekal dalam perjalanan. Aneka snack favorit akan membuat anak sejenak melupakan rasa jenuh akibat perjalanan yang lama. 

Perut yang lapar juga pasti akan membuat mereka merasa kurang nyaman. Daripada rewel, persiapkan hal ini sebelum keberangkatan. Jangan lupa, bawa bekal minuman yang cukup. Bukan hanya untuk anak-anak, tapi juga buat orang dewasa yang menjaga mereka. Dijamin perjalanan dengan kereta api lebih menyenangkan dan nyaman.

5. Membawa Mainan Favorit

Anak-anak suka bermain. Mereka juga biasanya memiliki mainan favorit yang akan membuat mereka tenang. Selama masih memungkinkan, jadikan mainan tersebut sebagai salah satu barang yang wajib dibawa. Bersama dengan mainan, anak-anak bisa mengurangi kebosanan dalam perjalanan.

Barang seperti boneka atau mobil-mobilan berukuran kecil bisa jadi pilihan. Ada juga yang membawa buku cerita untuk dibaca dalam perjalanan. Alternatif lain adalah mainan atau game edukatif yang tersimpan di ponsel atau tablet. Tapi kamu juga perlu membatasi waktu menggunakannya agar tidak terlalu lama dan membuat mata anak penat.

6. Kenakan Pakaian yang Nyaman

Di dalam transportasi umum seperti kereta api, suhu udara biasanya cukup dingin karena gerbong menggunakan AC. Ada sebagian anak yang merasa kurang nyaman dengan suhu yang terlalu dingin sehingga membuat mereka jadi rewel. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya persiapkan diri dengan mengenakan pakaian yang tepat pada anak sebelum berangkat.

Kamu juga bisa membawa jaket atau selimut kecil untuk membuat anak tetap hangat dan nyaman. Jangan lupa, gunakan kaos kaki dan sepatu agar pergerakan anak lebih nyaman. Membawa bantal kecil yang bisa digunakan untuk bersandar atau tidur juga sangat bermanfaat, lho! Anak pun bisa mengubah posisi duduk jadi tidur biar nggak merasa jenuh. 
 
naik kereta api bersama anak

Demikian sejumlah tips yang bisa diterapkan saat mengajak anak bepergian dengan kereta api. Nggak terlalu sulit bukan? Utamakan memberikan kenyamanan dan pengalaman yang istimewa buat anak selama perjalanan, ya. Jika anak merasa nyaman, orang tua pun bisa lebih tenang dan perjalanan jadi lancar. 

No comments