Inspiratif! Inilah 5 Pahlawan IDN 2021

, , No Comments
Memasuki bulan November setiap tahunnya, ada yang otomatis terbersit dalam pikiran kita. Yup, Hari Pahlawan. Seketika kita mencari-cari, siapa sosok pahlawan di sekitar kita? Atau malah merasa, akulah pahlawan bagi sekitar! Itu sih klaim.

Bertepatan dengan Hari Pahlawan di 10 November tahun 2021 ini, IDN Media mengumumkan lima pemenang utama dari program Pahlawan IDN. Mengusung tagline Satu Negeri Beragam Inspirasi, Pahlawan IDN adalah program apresiasi bagi figur-figur inspiratif milenial dan generasi Z yang berhasil menginisiasi gerakan positif di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, lingkungan, teknologi, komunitas, dan proyek kreatif.

Informasi tersebut diumumkan secara langsung lewat platform TikTok, tentunya di akun IDN Media. Kamu penasaran nggak, siapa saja lima pemenang utama yang terpilih?

pahlawan idn 2021
Meet the Pahlawan IDN of 2021

Juri dan Aspek Penilaian

Memilih dari sekian banyak figur inspiratif di Indonesia tentu bukan hal mudah. Maka juri punya penilaian tersendiri untuk menentukan lima figur yang dianggap pantas menyandang gelar Pahlawan IDN.

Aspek yang dinilai oleh para juri meliputi orisinalitas dan keunikan ide, tujuan kegiatan, hasil dan sebaran dampak kegiatan di sektor yang berkaitan, serta keberlanjutan inisiatif mereka dalam jangka panjang.

Dewan juri yang terlibat dalam proses penilaian Pahlawan IDN antara lain Winston Utomo (CEO IDN Media), Zefanya Deby (Head of Communications IDN Media), Uni Lubis (Editor-in-Chief IDN Times), William Hendradjaja (Chief of Business Skilvul & Managing Partner of SIAP), dan Najelaa Shihab (pendidik dan pendiri Semua Murid Semua Guru).

5 Pahlawan IDN 2021

Kalau kamu pernah merasa berjasa karena telah membuat sesuatu yang berdampak, coba bandingkan dengan orang-orang yang berada di balik lima lembaga berikut ini. Merekalah yang berhasil memenangkan hati para juri, sehingga didapuk sebagai Pahlawan IDN 2021.

Berikut lima pahlawan tersebut bersama sosok yang mewakili mereka: 

1. Riliv

Riliv adalah layanan kesehatan mental berbasis teknologi. Dengan visi “to create peace of mind and smile all over the world”, aplikasi konseling online ini menggunakan jasa psikolog profesional dalam layanannya.

Dalam perhelatan bersama IDN Media, Riliv diwakili oleh Audrey Maximillian Herli, salah satu pendirinya.

2. Plana (Plastic for Nature)

Dalam situsnya, tim Plana menyebut diri mereka “Perusahaan Sosial yang Merevolusi Daur Ulang Plastik”. Menurut Plana, banyak organisasi, bahkan perusahaan, telah memulai program daur ulang untuk mengubah limbah menjadi produk yang dapat digunakan sekali lagi. 

Namun, dampaknya terlalu kecil untuk memulihkan Bumi, sementara masalahnya masih tetap ada. Maka Plana hadir untuk memberi solusi yang menurut mereka akan benar-benar berdampak bagi masa depan planet ini. Plana diwakili oleh Joshua Christopher Chandra.

3. Mataharikecil Indonesia 

Mataharikecil Indonesia adalah salah satu komunitas bidang sosial dan pendidikan yang sudah berdiri sejak tahun 2015. Komunitas ini mendirikan sekolah terbuka untuk membantu anak-anak yang terpaksa menomorsekiankan pendidikan karena harus mencari nafkah.

Sebagai Pahlawan IDN, Mataharikecil Indonesia diwakili oleh Yasser Muhammad Syaiful, sang founder sekaligus CEO.

4. BecomeMore Indonesia

BecomeMore Indonesia adalah sebuah komunitas bagi siswa SMP dan SMA se-Indonesia yang bertujuan untuk membantu mereka dalam proses pengembangan diri lewat berbagai program seperti konferensi tahunan dll. Dalam hal ini, BecomeMore Indonesia diwakili oleh Agalia Sakanti Ardyasa.

5. Literasi Anak Banua

Literasi Anak Banua merupakan komunitas anak muda yang bergerak dalam meningkatkan kemampuan literasi anak, khususnya di wilayah 3T (terdepan, terpencil, dan tertinggal) di Indonesia. Literasi Anak Banua diwakili oleh pendirinya langsung, Alvian Wardhana.

Kelima pemenang utama tersebut berhak atas hadiah berupa uang tunai dan dukungan publikasi dari IDN Media selama satu tahun penuh. Mereka juga berkesempatan untuk bergabung di signature event IDN Media, serta terkoneksi dengan jaringan komunitas masif milik IDN Media.

Kutipan

Apa saja tepatnya yang membuat kelima pemenang tersebut berhasil lolos sebagai Pahlawan IDN? Yuk kita simpulkan dari apa yang diungkap oleh para juri berikut ini!

5 pahlawan idn media
Pahlawan IDN - Juri Uni (Dok. IDN Media oleh Herka Pangaribowo)
“Selamat untuk kelima penerima anugerah Pahlawan IDN yang baru pertama kali dilaksanakan pada tahun ini. Berfokus pada inovasi dan dampak yang sudah diberikan oleh milennial dan Gen Z, Pahlawan IDN memiliki keunikannya tersendiri. Variasi dari finalisnya pun luar biasa. Mulai dari literasi, kesehatan mental, sampai lingkungan. Semoga dengan anugerah ini, kalian dapat terus menjaga komitmen kalian untuk terus menjaga keberlanjutan organisasi, membangun komunitas yang solid, serta semakin menjamin transparansi dan akuntabilitas kalian. Dengan demikian, peluang-peluang yang lebih baik pun akan terbuka.” (Uni Lubis).

pahlawan idn november 2021
Pahlawan IDN - Juri Najelaa (Dok. IDN Media oleh Herka Pangaribowo)
“Selamat untuk para pemenang! Semoga percakapan-percakapan yang telah peserta lakukan dengan dewan juri dapat selalu diingat di sepanjang perjalanan. Teruslah berfokus pada dampak dan keberlanjutan dari kegiatan ini. Memberdayakan pihak lain juga harus dimulai dengan memberdayakan diri kita sendiri, jadi saya harap, akan ada lebih banyak orang yang sadar bahwa diri kita sendiri, adalah perubahan yang selama ini kita nanti-nantikan.” (Najelaa Shihab).

5 pahlawan idn media
Pahlawan IDN - Juri William (Dok. IDN Media oleh Herka Pangaribowo)
“Saya sangat terinspirasi oleh teman-teman yang bahkan sudah berkomitmen untuk melakukan misi sosial dan lingkungan ini di usia yang masih sangat muda. Bahkan, beberapa ada yang masih duduk di bangku kuliah. Terima kasih atas partisipasi teman-teman dan akan apa yang sudah kalian lakukan sejauh ini. Perjalanan kalian masih sangat panjang. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mencari support system yang dapat mendukung hal-hal baik yang telah teman-teman inisiasi.” (William Hendradjaja).

Bagaimana, kamu ikut terinspirasi? Mulai jadi pahlawan untuk diri sendiri aja dulu. Siapa tau tahun depan kamu jadi Pahlawan IDN berikutnya!

0 comments:

Post a Comment

pembacaku nan baik budi, gunakan profil google yg jelas ya, yg pake wp juga boleh langsung nama blognya. yg penting jgn anonim, pelan2 tamu anonim akan dihapus komennya dr blog ini.