Dari Macam-Macam Fobia, Ini 10 yang Paling Aneh

, , 11 comments
Apakah di antara kalian atau orang yang kalian kenal ada yang mengidap fobia? Fobia apa? Pertanyaan itu muncul di Google. Nggak tau siapa yang nanya. Sekarang kita jawab dari ulasan tentang macam-macam fobia berikut ini!

Menurut KBBI, fobia adalah ketakutan yang sangat berlebihan terhadap benda atau keadaan tertentu yang dapat menghambat kehidupan penderitanya. Jadi kalau kamu takut petir tapi tetap bisa makan saat hujan, atau geli lihat kucing tapi hidupmu aman sejahtera, itu belum tergolong fobia.
   
macam macam fobia

Macam-macam Fobia dan Penjelasannya

Berikut ini ada jenis-jenis fobia yang mungkin belum pernah kamu dengar sebelumnya. Selain istilahnya yang aneh-aneh, informasi tentangnya juga cukup unik. Apakah 10 fobia dalam artikel ini tergolong mengerikan, kamu yang putuskan!

1. Omphalophobia

Kucoba meng-Indonesiakan jadi omfalofobia. Ternyata gak ada di KBBI. Fobia yang satu ini pasti unik banget dan entah bagaimana orang yang sudah terkena bisa menghindarinya. Omphalophobia adalah fobia terhadap pusar!

Baik pusar sendiri maupun milik orang lain, pengidap omphalophobia bukan hanya takut melihat, melainkan juga ngeri untuk sekadar menyentuh. Jangan dikira lucu, Gengs. Gara-gara omphalophobia, ybs gak bisa jadi dokter, punya pusar yang kotor, dll. Yup, harus diterapi!

2. Heliofobia

Bukan takut helikopter, heliofobia adalah takut berlebihan pada matahari. Helio berasal dari bahasa Yunani, helios, artinya bukan helikopter. Haiyah. Iya, artinya matahari. Orang yang mengalami heliofobia berisiko kekurangan Vitamin D karena selalu berada di dalam rumah.

Tak hanya pada matahari, penderita heliofobia juga seringkali merasa takut pada cahaya meski bukan berasal dari matahari. Pokoknya mereka cenderung menghindari tempat yang terang. Sangat menyiksa kan!

3. Gefirofobia

Orang-orang di perkampungan sangat kecil kemungkinan mengidap gefirofobia. Fobia yang satu ini  adalah ketakutan berlebihan untuk menyeberangi jembatan. Biarpun kecil, tapi kemungkinan itu tetap ada.

Analisis ngawurku, di perkampungan kan banyak jembatan. Misalnya terjadi, seseorang mengalami hal buruk di jembatan sehingga ia trauma, lalu mengidap gefirofobia, ia tetap harus melewati jembatan karena itulah akses satu-satunya. 

Aku pernah baca/dengar (lupa) bahwa untuk melawan fobia, dilakukan terapi secara bertahap menghadapi sumber fobia tersebut. Allahua’lam kebenarannya. Jangan dijadikan referensi, Gengs!  

4. Turophobia

Lagi-lagi diambil dari kata dalam bahasa Yunani, turi, yang berarti keju. Yup, turophobia adalah ketakutan berlebihan terhadap keju. Diyakini berawal dari insiden traumatis di masa kecil (sebagaimana fobia umumnya) atau rasa cemas melihat tekstur keju.  

5. Xanthophobia

Penderita xanthophobia tidak menyukai kartun Spongebob, The Simpsons, Minion, Tweety, … sudah ketebak belum? Xanthophobia adalah fobia terhadap warna kuning. Dari macam-macam fobia di artikel ini, menurutku xanthophobia adalah nomor dua yang paling aneh. Yang teraneh ada di akhir!

6. Coulrophobia

Meski namanya kedengaran asing, tapi banyak dari kita yang mengalami ini. Fobia badut! Aku pernah mengalami ketakutan yang tak terkatakan di masa kecil. Waktu itu seorang badut menggendongku, dan badut lainnya menari di depanku. Tapi entah waktu itu aku nangis atau cuma diam.

Bukan karena film atau yang semacamnya. Aku bahkan belum pernah menonton film bertema badut psikopat, apalagi Joker. Alhamdulillah (sepertinya) yang kualami tidak sampai tahap fobia. Malah sekarang lebih sering kasihan melihat badut-badut di jalanan. Beda sih badutnya. 

7. Haphephobia

Haphephobia tergolong fobia yang sangat langka dan spesifik, yaitu rasa takut untuk disentuh. Lebih dari sekadar tidak "suka", sentuhan pada penderita haphephobia dapat menyebabkan ketakutan nyata hingga kecemasan, mual, peningkatan detak jantung, dan serangan panik. Berasal dari bahasa Yunani, haphe berarti sentuhan.

Banyak yang menghubungkan haphephobia dengan fobia sosial. Apakah macam-macam phobia sosial yang dimaksud adalah anxiety disorder? Gak tau juga, aku kan bukan psikiater. Ada pula yang menghubungkan haphephobia dengan fobia cinta, mungkin karena dianggap mencintai itu harus dengan menyentuh.

8. Lachanofobia

Di KBBI tersedia lakanofobia, yakni fobia terhadap sayur. Alangkah ruginya jika tidak segera diatasi. Fobia apa pun membutuhkan penanganan dari ahlinya, entah dengan obat-obatan maupun terapi tertentu. Jika kamu termasuk penderita fobia, berkonsultasilah pada psikiater!

9. Somnifobia

Fobia yang satu ini tak kalah berbahaya dibanding yang lain. Somnifobia adalah ketakutan berlebihan terhadap aktivitas tidur. Penderita merasa khawatir jika ia tertidur, karena kerap mengalami gangguan tidur yang sangat menyiksa. 

Jangan tunda berobat jika mengalami somnifobia, karena kurang tidur dapat berakibat fatal bagi kesehatanmu. Otak dan anggota tubuh kita membutuhkan waktu istirahat yang cukup untuk dapat beraktivitas secara normal. 

10. Fobofobia

Inilah fobia paling aneh yang pernah kubaca, fobia terhadap kemungkinan memiliki fobia. Kok bisa ya! Etapi menurut salah satu referensi iluvtari, fobofobia punya “hikmah” yang bagus. Seperti sedang mempraktikkan ucapan Franklin Delano Roosevelt dalam salah satu pidatonya, “Only thing we have to fear is fear itself.”

jenis jenis fobia

Semoga kamu tidak mengalami macam-macam fobia di atas, Gengs. Baik salah satu, apalagi semuanya. Jangan mendiagnosis diri juga, semua artikel psikologi yang ada di iluvtari sifatnya sekadar informasi. Untuk diagnosis dan pengobatan, sila hubungi psikiater terdekat!

11 comments:

  1. Wah itu yang Phobia Pusar,
    Terus kalau liat Pusarnya dia sendiri gimana dah wkkw 😭😂

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah dari 10 jenis fobia diatas, gak ada yang aq takuti.
    Aq cuma takut sama satu jenis binatang yaitu cicak, kira2 itu masuk fobia apa ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok sama sih! aku saking gelinya makanya gak kutulis yg itu, hwahaa.
      gak tau juga apa namanya, gak mau nyari.

      Delete
  3. Fobianya aneh2 ya.... Baru tau istilah2 ini. Kalau suamiku kayaknya hematophopia deh, ketakutan berlebihan kalo lihat darah. Bisa sampai pingsan dia.

    ReplyDelete
  4. Saya juga punya ketakutan tersendiri pada sosok badut, tapi saya bersyukur kayaknya ga termasuk ke dalam kategori fobia. Saya cuma ngerasa ga nyaman aja. Ngomongin fobia emang aneh tapi nyata ya hehe.

    ReplyDelete
  5. Aneh sekaligus serem ya?
    Yang menarik, beberapa fobia jadi Ide drama Korea
    Karena penonton menyukai hal yang tidak biasa :D

    ReplyDelete
  6. Untung aku nggak termasuk ke dalam kategori fobia di atas. Tapi aku paling takut sama kecoa. Ini masuk fobia nggak ya?

    ReplyDelete
  7. Rasanya senang sekali saya tidak memiliki rasa ketakutan yang berlebihan pada sepuluh point yang dijelaskan dalam artikel. Nama nya juga masih asing dan saya ga bisa melafalkannya dengan lancar

    ReplyDelete
  8. Iya memang fobia itu banyak macamnya. Karena sesuatu yang terjadi dimasing-masing individu yang kadang sebagai pencetus fobia juga macam-macam

    ReplyDelete
  9. Kalau takut sama kancing baju namanya apa mbak? Karena punya teman yang pobia banget liat kancing, jadi hampir semua bajunya kaos atau gamis bahan kaos atau pakai resleting

    ReplyDelete
  10. Koumpounophobia, kata google :)

    ReplyDelete

pembacaku nan baik budi, gunakan profil google yg jelas ya, yg pake wp juga boleh langsung nama blognya. yg penting jgn anonim, pelan2 tamu anonim akan dihapus komennya dr blog ini.