Cara Menghilangkan Kutil dengan Bahan Alami

, , 10 comments
Kalau mata bintitan sering dianggap sebagai akibat dari ngintip, kulit berkutil katanya disebabkan oleh nasi yang menempel dan tidak dibersihkan. Kira-kira begitu mitos waktu aku kecil dulu. Kalau sekadar nasi yang nempel, orang-orang gak bakal mencari tau cara menghilangkan kutil di internet. 

Cara Menghilangkan Kutil

Idealnya sih jangan cari di internet, tapi ke dokter! Masalahnya di dunia ini gak semua harus ideal kan, apalagi kamu sudah telanjur masuk ke artikel ini. Ya sudah, tinggal dibaca saja uraian berikut, bagaimana cara menghilangkan kutil di tangan, wajah, leher, atau di mana saja dengan bahan-bahan alami. 

#1 Madu

cara menghilangkan kutil hingga akarnya

Madu memang obat herbal bagi berbagai penyakit. Biasanya kita pakai untuk mengobati batuk, sariawan, bahkan macam-macam penyakit berat sering kali diterapi menggunakan madu. Tapi nggak nyangka kan, kalau madu ternyata juga bisa untuk menghilangkan kutil. Aku sih yang gak nyangka.

Madu memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Kutil yang ditutupi dengan madu akan kehilangan oksigen dan mencegahnya dari infeksi. Dalam beberapa kali pemakaian, kutil akan memudar secara perlahan.

Cara menghilangkan kutil dengan madu:

  • Bersihkan kulit yang ditumbuhi kutil.
  • Oleskan madu asli berkualitas baik pada kutil hingga menutup sempurna.
  • Biar nggak meler-meler, gunakan plester luka. Biarkan semalaman.
  • Besoknya, bersihkan kulit, dan ulangi lagi langkah di atas sampai kutil mati dan pudar. 

#2 Air Hangat dan Garam

Cara Menghilangkan Kutil dengan garam

Untuk menghilangkan kutil di kaki, air hangat dan garam adalah pilihan yang sempurna. Sebab selain bisa menghilangkan kutil, merendam kaki di air garam yang hangat juga mampu mengistirahatkannya agar lebih rileks.

Cara menghilangkan kutil dengan air garam:

  • Siapkan air hangat, campurkan dengan garam kasar.
  • Nggak usah dicicip, cukup dikira-kira, apakah suhunya bisa ditolerir oleh kaki.
  • Rendam kaki sekira 10-15 menit. 
  • Gunakan kikir kuku, batu apung, atau alat apa saja yang memungkinkan untuk mengikis kulit mati, aplikasikan pada kutil di kaki.
  • Kamu butuh waktu lebih dari dua bulan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. 

#3 Nanas

Cara Menghilangkan Kutil dengan Bahan Alami

Dengan jus nanas, kamu tak hanya bisa menghancurkan kutil, tapi juga skin tag. Bromelin (enzim pada nanas) biasa dimanfaatkan untuk melancarkan pencernaan sekaligus sebagai krim kulit. Tau skin tag kan? Yang mirip kutil, biasanya muncul lebih banyak tapi tidak menyebabkan sakit atau apa pun. Hanya mengganggu penampilan, bagi sebagian orang. 

Cara menghilangkan kutil dengan nanas:

  • Buat jus nanas tanpa campuran apa pun. Nggak usah banyak-banyak, mubazir!
  • Celupkan kapas bersih pada jus, peras.
  • Tempelkan kapas pada kutil, tutup dengan perban atau plester luka selama 3-5 menit.
  • Kalau khawatir mubazir plesternya (karena cuma dipakai sebentar), tahan saja kapas dengan jari tangan, tapi pastikan jarimu bersih.
  • Lakukan 2-3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

#4 Lidah Buaya

Cara Menghilangkan Kutil dengan lidah buaya

Daripada buat godain cewek, mending lidah buaya dipakai untuk menghilangkan kutil. Gosah emosi, baca aja! Berbagai zat yang terkandung dalam lidah buaya memiliki sifat antivirus, antiseptik, dan anti-inflamasi. Gel lidah buaya juga dapat dimanfaatkan untuk menumbuhkan alis.

Cara menghilangkan kutil dengan lidah buaya:

  • Kupas lidah buaya, ambil gelnya.
  • Oleskan gel pada kutil, tutup dengan perban.
  • Diamkan selama 5-10 menit.
  • Lakukan berulang setiap hari, hasilnya akan terlihat sekira dua pekan.

#5 Vitamin C


Cara Menghilangkan Kutil sampai ke akar

Vitamin C yang dimaksud di sini bukanlah kandungan buah atau sayur yang didapatkan dengan cara mengonsumsinya. Melainkan tablet vitamin C yang bisa kita dapatkan dari apotek maupun swalayan, bahkan warung biasa.

Cara menghilangkan kutil dengan vitamin C:

  • Hancurkan tablet vitamin C menggunakan sendok atau bagian bawah gelas yang bersih.
  • Buat pasta dari bubuk vitamin C tersebut.
  • Oleskan pasta pada kutil menggunakan kapas bersih.
  • Tutup dengan plester, diamkan semalaman.
  • Ulangi setiap hari hingga kutil hilang.

#6 Daun Kemangi

Cara Menghilangkan Kutil dengan kemangi

Kamu sering menemukannya pada hidangan urap atau sebagai lalapan pecel ayam/lele. Selain terkenal sebagai obat bau badan dan pengusir nyamuk, daun kemangi juga mengandung antioksidan dan minyak esensial yang mampu meringankan peradangan serta mencegah infeksi.

Cara menghilangkan kutil dengan daun kemangi:

  • Buat pasta dari daun kemangi.
  • Oleskan pasta kemangi pada kutil, diamkan semalaman.
  • Ulangi setiap hari, hasilnya akan terlihat sekira 1-2 pekan.

Kutilmu ada di tangan, leher, wajah, atau bagian tubuh mana pun, sesuaikan saja mana yang sekiranya nyaman diaplikasikan. Misalnya kutil di wajah, gak mungkin kan kamu rendam mukamu selama seperempat jam di air garam?

Kalau kamu sulit menemukan madu yang asli, alih-alih pakai “madu” dari gula yang dikentalkan, lebih baik cari bahan lain yang mudah didapat. Misalnya nanas atau vitamin C. 

Di antara cara menghilangkan kutil dengan 6 bahan alami di atas, mana yang akan kamu coba lebih dulu? Semoga kutilmu bisa hilang sampai ke akarnya, ya! (Sudah kubantu doa, kamu yang usaha, tring!)

10 comments:

  1. wah sangat bermanfaat nih, thanks infonya kak sangat membantu

    ReplyDelete
  2. Aku loh langganan bintitan hahahaha, karena mata ku sensitif. Kena debu dikit langsung deh drama matanya. ternyata ada obat tradisionalnya, bisa dicoba nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gini amat ya ikut BW, yg dibahas kutil yg dikomen bintit. Ah dahlah

      Delete
  3. Banyak juga ternyata bahan alami yang bisa ngilangin kutil. Jadi keinget dulu, pernah kepikiran buat ngilangin kutilnya sodara dengan cara digunting wkwk

    ReplyDelete
  4. Madu dan lidah buaya itu udah kayak obat segala macam penyakit kulit gitu, ya. Wkwk, rambut rontok diolesin lidah buaya. Biar lembut dikasih masker madu. Alami yang terbaik

    ReplyDelete
  5. Ahaaii, menarik banget ini Kak
    Selama ini kita ngga menyadari bahwa bahan2 natural punya banyak khasiat ya
    termasuk utk hempas si kutil

    ReplyDelete
  6. Wahhh ternyata pake garam juga bisa yaa.. Dulu belum tau banget info kek gini, ada yang nekat digunting sampe darahnya bercucuran kemana-mana.. Agak ekstrem sih, wah makasih infonya membantu banget

    ReplyDelete
  7. segala hal natural yg telah diciptakan Tuhan memang hal yang paling mujarab.

    ReplyDelete
  8. Kalau di tempatku kutil tu karena kena darah ayam pas motong ayam. Ga tau tu bener tidaknya. Ternyata ada beragam ya cara ngilanginnya. Dan semua rata-rata pakai bahan alami. Makasih ulasannya

    ReplyDelete
  9. Sering mandi di laut berarti bs obatin kutil ya krn airnya asin. Hmmm mesti dicoba nih

    ReplyDelete

pembacaku nan baik budi, gunakan profil google yg jelas ya, yg pake wp juga boleh langsung nama blognya. yg penting jgn anonim, pelan2 tamu anonim akan dihapus komennya dr blog ini.