5 Rekomendasi Game Santai ala Emak-emak

, , 1 comment
Emak-emak kok ngegame. Adakah yang berpikir begitu? Gak usah dijawab. Lah kan dia cuma mikir, bukan nanya. Rekomendasi game santai yang akan kubahas di bawah ini bukan untuk kaum banyak tanya, tapi banyak kerja, sehingga butuh momen refresh pikiran dan energi. Kamu termasuk?

rekomendasi game santai

Pernah ada meme yang bunyinya begini, Cewek yang ngegame itu cantiknya nambah seribu persen! Gak usah girang dulu, Mak. Pertama, cewek yang dimaksud tentulah yang muda. Di bawah 30. Di atas 30 itu namanya perempuan, kataku.

Kedua. Seribu persen artinya seribu dibagi seratus. Cuma naik 10 doang! Kalau mau naik banyak, tambah skill dan jaga adab. Nilai diri kita bakal naik kok. Cantik itu cuma sekian dari banyak faktor yang membuat perempuan jadi menarik. Kalau cantik tapi gak pinter, cantik tapi mulutnya sadis, … gak jadi menarik kan? Apalagi sudah gak cantik, jahat dan bodoh pula. Hadeu.  

Nah loh, dari bahas game malah ke mana-mana. Sebagai penulis yang tiap hari harus mikirin ide, ada masanya aku jenuh dan butuh hiburan ringan tapi gak bikin ketagihan. Karena harus kerja lagi kan. So, inilah lima rekomendasi game santai dariku, untuk kamu yang juga butuh relaksasi sejenak dari rutinitas. 

Hay Day

game santai android

Inilah game santai android yang kumainkan sejak 2013. Delapan tahun, Men! Tapi ya gak setiap hari dimainkan. Bahkan saat bosan atau HP terasa berat, game ini ku-uninstall. Karena tersimpan di akun, waktu pengin main lagi, tinggal instal lagi. Jadi gak ngulang dari awal.

Hay Day adalah game bertani yang secara tidak langsung melatih kita untuk pandai mengatur skala prioritas. Mana yang lebih dulu harus kita tanam, produksi, dsb, mana yang bisa belakangan. Ada pengunjung kota yang minta dilayani, ada kapal yang pesanannya kadang nyusahin, atau tetangga yang suka belanja murah. Kita atur semua itu sesuai maunya kita.

Dengan grafis yang cakep banget, main Hay Day lumayan bikin pikiran segar. Nggak ada musuh, cuma target yang bisa aja diabaikan. Jadi main game santai online yang satu ini, gak bikin rusak mood. Kecuali kalau kamu tergabung dalam lingkungan yang harus saling bantu, kadang memang adminnya galak.

Aku sih pilih “hidup sendirian” di sana. Sudah kaya kok, ngapain gabung-gabung grup yang bikin nambah kerjaan. Orang ngegame niatnya biar lebih fresh kerja di dunia nyata, kok malah nambah-nambah kerjaan di dunia maya. Ogah. 

Spider Solitaire

game santai online

Apa istimewanya Spider Solitaire? Kan di Windows ada. Yup, karena ada di berbagai versi Windows inilah makanya aku kenal banget dengan Spider Solitaire. Dulu sering main gantian dengan kakakku, yang kadang kalau gak lihat, dia curang dengan Undo atau pakai fitur Hint.

Meski berbagai fiturnya cukup membantu, tapi bagiku kemudahan-kemudahan itu justru membuat tantangannya berkurang. Misalnya batalin langkah terakhir, petunjuk saat mati langkah, dll. Alhasil, aku pindah tempat ke solitaire.org. Jadilah main game santai, tapi online.

Spider Solitaire adalah permainan menyusun kartu berdasarkan urutan kartu remi. Dari King hingga As. Permainan logika sederhana ini lumayan menghibur tapi gak nyusahin. Karena kamu nggak perlu download, instal, bahkan di solitaire.org gak ada iklan yang mengganggu fokus permainanmu!

Kekurangan bermain solitaire di sana jika dibanding dengan bermain di Windows, adalah tidak adanya pilihan tampilan kartu. Cuma itu sih, walau gak ngaruh-ngaruh amat ke permainan. Tapi main di mana pun, bagiku solitaire adalah game santai terbaik!  

Hidden Object

game santai terbaik

Sebagai introvert, gak aneh kalau aku suka permainan ini. Apalagi emak-emak kan terkenal paling jago mencari barang di dunia nyata. Yang dianggap orang-orang tersembunyi, di mata para mamak, barang itu terpampang begitu saja.

Banyak banget developer yang menyediakan game hidden object, tentu karena penggemarnya juga banyak. Dan karena HP-ku sudah sempit, plus dipakai bareng anak-anak saat sekolah daring, jadi aku pilih main game ini di laptop saja.

Kamu tentu paham game yang kumaksud. Sesuai dengan namanya, Hidden Object adalah permainan mencari benda-benda yang tersamar di antara benda lainnya. Butuh ketelitian untuk menemukan semuanya. Game ini cocok untuk melatih konsentrasi dan kejelian.

Kalau memainkannya di solitaire.org, kamu gak perlu instal, sama persis dengan Spider Solitaire tadi. Karena simpel dan gak ngebosenin, Hidden Object kumasukkan dalam rekomendasi game santai ala iluvtari. 

Letter-Scramble

game santai pc

Siapa yang suka main scrabble? Waktu kecil aku pengin banget punya mainan ini. Bukan kakakku gak mau beliin, tapi teman mainnya siapa? Kakak-kakak sudah gede, gak minat lagi mereka main sama adeknya. Sementara temenku pada gak ngerti main ini. Nyesek kan!

Untungnya pas dewasa aku menemukan lagi game legend ini dalam berbagai versi. Lagi-lagi, karena aku males instal instal, jadi kupilih memainkannya di browser laptop. Nah di solitaire.org, ada Letter-Scramble yang di mataku serupa dengan scrabble. 

Dari pengalamanku, game santai yang satu ini bisa membantu mengingat makna dari perbendaharaan kata dalam bahasa Inggris yang sudah kupunya. Konkretnya begini, ketika melihat huruf-huruf yang berserakan, muncul ide untuk menyusun menjadi sebuah kata.

Nah ketika kata tadi sudah jadi, otomatis otakku berpikir, ini artinya apa ya? Karena sering kali kata itu dipakai dalam percakapan sehari-hari, padahal ada padanannya dalam bahasa Indonesia. Contohnya manager, urgent, amazing, surprise, dll. Biasa dipakai sehari-hari kan? Padahal bahasa Indonesianya ada. Dasar aku! 

Quick Draw

game santai tanpa instal

Rekomendasi game santai terakhir adalah Quick Draw. Ini merupakan game santai online buatan Google yang bisa kamu mainkan di PC maupun HP. Yup, dari browser. Ketik saja “quick draw” di kolom pencarian Google, nantinya kamu akan sampai pada halaman permainan sederhana yang unik banget.

Cara bermainnya, kamu diminta menggambar benda (kadang hewan dan tumbuhan) yang disebutkan pada instruksi. Gak harus bagus, yang penting Google paham gambarmu. Yang bikin lucu dari game ini adalah komentar-komentar yang dilontarkan oleh bot.

Selucu apa komennya, kamu coba aja sendiri. Menurutku kalimatnya rada bikin keki gitu. Pokoknya Quick Draw termasuk game unik yang sangat menghibur dan efektif mengurangi stres. Kalau sudah coba, kamu bisa nilai sendiri seasyik apa game santai yang kurekomendasikan ini.

Untuk sekadar hiburan, gak ada salahnya kan ya sekali-kali main game. Masih bagus kalau pelarian lelah dan bosan kita cuma ke game. Apalagi gamenya juga gratis, bahkan tanpa perlu instal. Nyaris gak pakai modal.

Entah kamu wanita karier atau ibu rumah tangga, me time pasti penting. Bahkan kalau kamu bukan perempuan sekalipun. Siapa sih yang gak perlu hiburan? Malaikat kali. Jadi gak usah buru-buru anti mendengar kata game. 

Selama tidak melalaikan kewajiban, bermain game baik untuk kesehatan mental. Lima rekomendasi game santai di atas insyaallah tidak mengandung adiksi lebay. Aku sendiri gak kecanduan sampai gimana gimana kok. Nih masih rajin nulis!

1 comment:

  1. Solitaire juga games favoritku mbaaa 👍. Kalo oengen rileks pasti mainnya ini. Ama mahjong hahahah. Itu juga seru.

    Karena aku anak 90an, jadi memang lebih klik Ama games yg begitu mba, kalo games skr mah, pusiiiiing ,😄

    ReplyDelete

pembacaku nan baik budi, gunakan profil google yg jelas ya, yg pake wp juga boleh langsung nama blognya. yg penting jgn anonim, pelan2 tamu anonim akan dihapus komennya dr blog ini.