Cara Mendapatkan Uang di Snack Video | iluvtari

Cara Mendapatkan Uang di Snack Video

, , 2 comments
Dulu untuk nonton video, platform yang kita kenal paling-paling cuma Youtube. Aku aja kali, ya. Bukan kita. Sekarang sudah banyak alternatif lain seperti Instagram, Tiktok, Snack, dll. Untuk platform yang terakhir, kita bahkan bisa mendapatkan uang dari sana. Dapat uang dari Snack Video, gimana caranya?

Cara Mendapatkan Uang di Snack Video

Snack Video adalah salah satu media sosial yang memungkinkan penggunanya mengunggah video, menonton, mengadakan siaran langsung, dan berinteraksi antarpengguna. Pokoknya mirip banget dengan Tiktok. Aku menebak, Tiktok juga dulu menjaring penggunanya dengan cara yang sama dengan yang dilakukan Snack saat ini.

Apa lagi iming-imingnya kalau bukan cuan. Yaiya, mana laku Snack kalau pengguna cuma dijanjikan jadi cantik berkat filter. Apakah upload video di Snack dapat uang? Nggak cuma upload, bahkan nonton pun kamu dibayar!

Cara Dapat Uang dari Snack Video

Sebenarnya bukan hal baru pengguna HP mengumpulkan receh dari aplikasi. Jauh sebelum Snack lahir, sudah bertaburan aplikasi lain yang menyediakan hal serupa. Salah satunya UC Browser, yang dulu punya sumber berita sendiri; UC News.

Sangat mirip dengan UC, Snack juga menjanjikan penghasilan bagi para penggunanya, baik itu kreator maupun sekadar user biasa. Sebelum memilih cari duit jalur mana, kamu install dulu Snack Video dari Play Store. Kalau merasa info ini berguna, kamu bisa salin kode undanganku 975 534 234.

cara menarik uang di snack video

Berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan uang di Snack Video.

Nonton video

Setelah aplikasi Snack Video terpasang, kamu daftar lalu login seperti pada aplikasi umumnya. Jangan lupa check in setiap hari untuk mendapatkan koin yang besarannya berbeda selama satu bulan. Setelah check in, tinggal tonton video yang kamu suka setidaknya 15 menit per hari.

Mengundang orang lain

Snack bisa mendeteksi kontak kita yang dulu pernah punya akun di sana. Kemudian Snack akan memintamu mengundang ybs untuk kembali aktif di Snack, dengan imbalan dalam jumlah yang berbeda tiap akunnya. Syarat kamu bisa menghasilkan cuan, pastikan yang diundang menautkan kodemu dan menonton video setiap hari sekira 15 menit.

Mengunggah video

Kalau kamu hanya “user biasa”, jangan terlalu berharap punya penghasilan dari upload video. Bisa sih, kalau kamu dikontak oleh pihak ketiga untuk mempromosikan produk mereka di Snack. Dan itu nyaris mustahil terjadi, kecuali kamu seorang seleb.

Jadi kalau kamu suka live streaming ataupun biasa mengedit video, pastikan kamu terdaftar sebagai kreator/creator atau talent di Snack Video. Gak ada tombol daftar di sana, yang perlu kamu lakukan adalah mencari info bukaan talent di medsos lain (terutama Facebook) atau menunggu tawaran dari Snack lewat notifikasi. Jadi memang harus posting posting video dulu ya, hehe. 

Talent dan Creator di Snack Video

Tadi di atas aku ada menyebut kata talent dan kreator. Di snack (dan mungkin di platform lain juga), keduanya punya hak dan kewajiban yang berbeda, tapi levelnya sama-sama berada di atas pengguna biasa.

Di Snack Video, talent adalah mereka yang berkreasi di bawah naungan agensi. Jadi ada management yang menjembatani antara para talent dan pihak Snack. Alhasil, untuk gaji pokok bulanan talent, ada potongan bagi manajernya sebesar 10%.

Nah, gaji pokok itulah yang dulunya membedakan talent dan kreator. Talent dapat gaji pokok bulanan, sementara kreator tidak. Talent bisa saja di downgrade jadi kreator, dan kreator bisa mengajukan diri jadi talent (diseleksi). 

Aku gak bisa buat list bedanya, karena kebijakan Snack cenderung berubah-ubah dalam waktu yang cepat. Menjelang akhir Maret 2022 ketika pertama aku diterima sebagai talent, ada banyak perubahan kebijakan terkait gaji dan bonus video viral. Aku gak ngikutinlah ya, anak baru.

Sampai akhir Juni masih banyak kebijakan-kebijakan baru yang gak gitu ngena ke akunku, sebagai yang belum tiga bulan jadi talent. Awal Juli, ada yang berbeda. Program Snack2Gather yang tadinya dibayar berapa pun views, mulai mensyaratkan minimal 10 ribu views dalam sepekan.

Selain Snack2Gather masih ada beberapa program lainnya yang bisa diikuti oleh talent maupun creator. Talent yang tadinya dapat gaji pokok hanya dengan syarat 15 video sebulan, belakangan disyaratkan punya 3 video viral (minimal 10 ribu views). Besaran gaji juga tidak berbeda berapa pun jumlah follower, tidak seperti sebelumnya antara 50-120 dolar.

Ada banyak lagi kebijakan lain, yang bagi sebagian talent, cukup menguntungkan. Namun secara umum lebih banyak yang merasa kecewa. Masa bakar duit sudah usai! Yang sudah lama jadi freelancer biasanya paham dengan kondisi seperti ini. 

Setiap ada platform baru, mereka akan merekrut creator content dengan upah melimpah. Ketika sudah banyak pengguna, pelan-pelan kreator akan dikurangi penghasilan sampai kemudian tidak dibayar sama sekali. 

Jadi apakah Snack Video suatu saat akan berhenti total membayar kreatornya? Allahua’lam. Kalaupun iya, ketika Snack sudah selevel Tiktok, mungkin saat itu kreator yang sudah tahunan di sana sudah jadi seleb dengan ratusan ribu follower. Meski gak dibayar Snack, bisa jadi ada pihak ketiga yang membutuhkan jasanya untuk promosi. Sangat mungkin.

Lagi pula, meski platform tidak lagi membayar, konten yang kita punya tetaplah milik kita. Jadi masih bisa diposting di platform lain. Yang perlu diingat oleh seorang freelancer adalah, manfaatkan momentum sebaik mungkin. Ketika ada aplikasi baru yang butuh kreator, kejar cepat! Sebelum masa banjir duitnya selesai.  

Cara Menarik Uang di Snack Video

cara mendapatkan uang di Snack Video tanpa mengundang teman
Setelah mengetahui cara mendapatkan uang di Snack Video, kamu juga tentu ingin tau gimana cara ambilnya. Walau gak misteri misteri amat, sederhana saja seperti aplikasi penghasil uang umumnya. 

Pendapatan yang kamu terima dari Snack akan masuk ke Wallet/Dompet di tab Pengaturan. Lain sumber, lain tempat masuknya. Yang sudah kudapat adalah dari nonton video, yang masuk ke Uang Tunai. Sedangkan dari hasil upload video, masuk ke Premium.

Cara tariknya gampang banget. Tinggal masuk ke pengaturan, dompet, lihat di mana saldomu berada, lalu pilih Tarik Saldo. Kalau Snack-mu belum terhubung ke e-wallet, ya tinggal dihubungkan. Asalkan aplikasi dompet elektronikmu sudah diinstal di HP, biarkan sistem yang bekerja.

Saldo dari Snack bisa ditarik lewat Dana, Ovo, Gopay, dan Payoneer. Uang yang dihasilkan dari nonton video berupa rupiah, sementara dari posting video dalam mata uang dolar. Nantinya setelah sampai ke e-walletmu, otomatis jadi rupiah kok. 

Ada yang tanya, gimana cara mendapatkan uang di Snack Video tanpa mengundang teman? Ya bisa dengan nonton, tapi uangnya sedikit. Kalau kamu punya akun Instagram/Tiktok/Youtube dengan jumlah follower/subscriber 10 ribu, kamu bisa mengajukan diri menjadi talent. Atau coba-coba peruntungan dengan posting-posting video, lalu menunggu notifikasi chat dari Snack untuk bergabung dengan salah satu agensi.

Sampai kapan Snack Video menghasilkan uang? Jangankan kita, mereka aja mungkin nggak tau. Yang jelas berdasarkan pola platform pada umumnya, gak akan selamanya. Setelah banyak orang menggunakan Snack, dan bergantung pada medsos itu, kemungkinan kita disuruh cari duit sendiri lewat platform mereka. Hehe.

Gimana, masih tertarik dengan cara mendapatkan uang di Snack Video? Kalau ya, segera aja walau sudah gak terlalu menggiurkan. Sebab makin ke belakang, sepertinya bakal makin anyep. Kalau masih ada pertanyaan yang belum terjawab dari ulasan di atas, kamu boleh tanya di kolom komentar.

2 comments:

  1. Wah bisa jadi penghasilan sampingan nih buat yang suka bikin video" pendek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget. Klo rajin posting biasanya ada 'family' di sana yg ngajak gabung utk kerja bareng

      Delete