5 Penyakit Mental yang Paling Banyak Diderita Orang Indonesia

Isu kesehatan mental sekarang booming di mana-mana. Banyak orang mulai menyadari bahwa penyakit mental tidak boleh dianggap remeh. Btw pernah nggak terpikir, penyakit mental apa yang paling banyak diderita orang Indonesia?

Menurut situs Kemenkes, 20% penduduk Indonesia berpotensi mengalami gangguan jiwa. Dan masih dari sumber yang sama, lima penyakit mental berikut ini adalah yang paling banyak ditemukan di Indonesia.

Penyakit Mental yang Paling Banyak Diderita Orang Indonesia

5 Penyakit Mental yang Paling Banyak Diderita Orang Indonesia

Artikel ini dimaksudkan untuk memperbanyak informasi yang berkaitan dengan penyakit mental. Sama sekali bukan sebagai bahan diagnosis diri. Jika kamu mengalami atau pernah menemukan kasus yang sesuai, sebaiknya berkonsultasilah pada ahlinya.

Depresi

Menurut data WHO tahun 2019, ada sekira 300 juta orang di dunia yang mengalami depresi, dan kurang lebih 15,6 juta di antaranya adalah orang Indonesia. Sedihnya, dari yang terdata—kemungkinan yang tidak terdata lebih banyak, tak sampai 10%-nya yang melakukan pengobatan ke profesional.

Bagaimana gejala depresi dan penanganannya, bisa kamu cek di artikel ini.

Bipolar

Penyakit mental yang paling banyak diderita orang Indonesia berikutnya adalah bipolar. Ada lebih dari 72 ribu jiwa penderita bipolar di Tanah Air. Jika sedang pada fase mania (semangat berlebihan), orang dengan bipolar kerap dianggap gila. Kamu mungkin pernah melihat orang dengan gejala demikian di sekitarmu.

Lebih lengkap tentang bipolar bisa kamu baca di sini.

Gangguan Kecemasan

Dikutip dari antaranews (8/10/2021), sepanjang tahun 2020, ada 18.373 jiwa orang Indonesia yang mengalami gangguan kecemasan, lebih dari 23 ribu orang mengalami depresi, dan sekira 1.193 jiwa melakukan percobaan bunuh diri.

Anxiety Disorder atau gangguan kecemasan merupakan penyakit mental yang banyak terjadi di Indonesia, terutama di masa pandemi kemarin. Gangguan seperti ini awalnya dianggap remeh, namun tumpukan gejalanya dipastikan dapat menganggu aktivitas hingga menurunkan produktivitas seseorang.

Jangan-jangan kamu termasuk penderita anxiety? Baca artikelnya di sini untuk menambah wawasan, bukan mendiagnosis diri, ya Gengs!

Obsessive Compulsive Disorder (OCD)

Gangguan Obsesif Kompulsif atau yang umum disebut OCD kabarnya banyak diderita artis Indonesia. Gejala OCD yang paling menonjol adalah obsesi untuk melakukan sesuatu yang berulang-ulang meski hal itu tak masuk akal. Orang yang rentan menderita OCD adalah mereka yang memiliki riwayat keluarga dengan OCD.

Selain pengaruh genetika, gangguan di otak, pengalaman hidup (trauma), faktor lingkungan, dan kepribadian dengan standar tinggi juga dapat mengakibatkan seseorang mengalami penyakit mental OCD. Satu lagi, gangguan mental yang dialami seseorang ternyata dapat mengakibatkan gangguan mental lainnya.  

Gangguan Kontrol Impuls

Kamu pernah bertemu dengan orang klepto? Kleptomania adalah salah satu penyakit mental yang tergolong gangguan kontrol impuls. Selain itu ada pula piromania, yakni kelainan jiwa yang menyebabkan seseorang selalu ingin membakar sesuatu, yang dengan demikian ia dapat merasakan kepuasan tersendiri.

Jadi, gangguan kontrol impuls adalah gangguan mental yang ditandai dengan kurangnya kontrol diri yang berkelanjutan, juga ketidakmampuan untuk mengelola perilaku dan emosi seseorang. Kleptomania dan piromania biasanya terlihat pada masa kanak-kanak, sementara gangguan impuls lainnya, seperti gila belanja dan kecanduan judi, umumnya terdeteksi setelah dewasa.

Penyakit Mental yang Paling Banyak di Indonesia

Itulah lima penyakit mental yang paling banyak diderita orang Indonesia. Masih banyak penyakit mental lainnya yang dialami masyarakat Indonesia maupun warga dunia. Bisa jadi kamu pernah menemukan kasusnya di sekitarmu. Penasaran? Harus! Sila cek gejala macam-macam penyakit mental di sini!

No comments