Short Film Competition Sundance Film Festival: Asia 2022 | iluvtari

Short Film Competition Sundance Film Festival: Asia 2022

, , No Comments
sundance film festival
SFF Asia 2022

Apakah pandemi sudah berlalu? Kayaknya belum, ya. Tapi sekarang banyak kegiatan yang sudah bisa dilakukan secara offline alias tatap muka. Asalkan tetap menjaga prokes, insyaallah semua akan baik-baik saja. 

Di antara banyaknya kegiatan tersebut, termasuk di antaranya festival film tahunan yang diselenggarakan oleh Sundance Institute. Kamu masih ingat nggak, Sundance Film Festival: Asia 2021 yang digelar tahun lalu?

Short Film Competition Sundance Film Festival: Asia 2022

kompetisi film pendek sundance film festival
SFF Asia 2022
Sundance Film Festival: Asia persembahan Sundance Institute dan XRM Media yang didukung oleh IDN Media akan kembali hadir di tahun 2022 ini, tepatnya pada tanggal 25-28 Agustus 2022. Perhelatan ini adalah kali kedua, setelah sebelumnya diadakan secara online.

Sundance Film Festival: Asia 2022 akan dilakukan secara offline di Jakarta, Indonesia. Nah, kamu yang biasa berkreasi dalam dunia perfilman pendek bisa ikut kompetisi yang juga diadakan tahunan, serangkaian dengan festival tersebut.

Untuk terus mendukung filmmakers Indonesia, Short Film Competition Sundance Film Festival: Asia yang disponsori oleh Argo juga kembali diadakan. Para filmmakers bisa mendaftarkan film pendek genre apa pun, karya mereka sendiri, yang sudah selesai produksi per 1 Januari 2020.

Namanya juga film pendek, jadi yang dimaksud adalah film dengan durasi 3-20 menit. Pendaftaran dibuka mulai 18 April sampai 31 Mei 2022, berlaku untuk Warga Negara Indonesia usia 18 tahun ke atas, baik yang tinggal di dalam maupun luar negeri.

Short Film Competition Sundance Film Festival: Asia 2022
SFF Asia 2022
Informasi lengkap terkait cara pendaftaran, syarat dan ketentuan, bisa kamu lihat di https://SundanceFilmFestivalAsia.org atau halaman Film Freeway-nya di https://filmfreeway.com/SundanceAsia. Cek juga informasi terbaru seputar Sundance Film Festival: Asia 2022 di Instagram dan Tiktok @SundanceFFAsia.

Dewan Juri dan Hadiah

Gimana, sudah punya filmnya? Atau baru rencana buat? Kalau aku, untuk ikut sebuah kompetisi yang diadakan oleh lembaga besar, seringnya gak mikirin hadiah. Khawatir halu atau patah hati saat gak menang. Tapi kan gak semua orang kayak kita. Malah banyak yang kalau dapat info lomba, yang ditanya pertama ya hadiahnya (bukan siapa penyelenggaranya).

Untuk Short Film Competition Sundance Film Festival: Asia 2022, para dewan juri adalah perwakilan dari Sundance Institute, IDN Pictures, dan Argo. Berikut ini orang-orang yang kelak akan mengkurasi pilihan film pendek dari seluruh pendaftar yang masuk:
  1. Kim Yutani, Director of Programming, Sundance Film Festival 
  2. Heidi Zwicker, Senior Programmer, Sundance Film Festival 
  3. Mike Plante, Senior Programmer, Short Film, Sundance Film Festival 
  4. Susanti Dewi, Head of IDN Pictures
  5. Amanda Salazar, Head of Programming and Acquisitions, Argo
Selain mengkurasi, dewan juri juga akan memilih pemenang penghargaan Jury Award yang akan mendapatkan uang senilai 2.000 USD, disponsori oleh Argo. Gak cukup sampai di situ, film yang terpilih akan ditayangkan di platform Argo saat Sundance Film Festival: Asia 2022 bulan Agustus nanti, untuk kemudian didistribusikan secara global setelah festival berlangsung. 

Film-film pendek yang lolos kurasi juga berkesempatan mengikuti seleksi untuk ditayangkan di Sundance Film Festival 2023, tahun depan.

Btw, sudah kenal Argo belum? Argo adalah salah satu platform streaming yang menghubungkan pembuat film dan audiens mereka. Kamu bisa menonton banyak film pendek dan film independent di platform ini. Seperti biasa, instal dulu di Google Playstore atau iTunes App Store. Atau lihat-lihat dulu info tentang Argo di berbagai media sosial mereka.

Jadi, sudah siap menyambut Sundance Film Festival: Asia 2022? 

0 comments:

Post a Comment