4 Tips Sederhana Merawat Kulit Tubuh dan Wajah

, , No Comments
Beruntunglah kamu yang datang ke artikel ini. Tips merawat kulit tubuh dan wajah yang ditawarkan iluvtari dijamin nggak ribet, gak mahal, apalagi nyeleneh. Bahkan mungkin sudah kamu lakukan sejak zaman Belanda. Ini mah lebay!

tips merawat kulit

Sayangnya, ini bukan tips merawat kulit wajah kering, berjerawat, kusam, apalagi tips merawat kulit tubuh agar putih (standar kecantikan bagi orang-orang tertentu), melainkan aktivitas sehari-hari yang dapat membantumu menjaga kesehatan kulit.

Berdasarkan pengalaman pribadi? Nggak dong. Tapi ternyata keempatnya memang sudah kulakukan sejak dulu sekali. Tips merawat kulit yang aku bagikan ini diambil dari sumber yang cukup valid untuk bisa kamu praktikkan apa yang ada di dalamnya. Kuylah simak!

4 Tips Merawat Kulit Tubuh

tips merawat kulit tubuh

1. Cukup Tidur

Kamu kira nomor satunya menggunakan pelembab atau yang semacamnya, kan? Ternyata jauh. Nggak jauh juga sih kalau kamu tau alasannya. Tidur yang cukup membuat kulit berkesempatan untuk memperbaiki dan memproduksi kolagen demi mempertahankan kekenyalan dan tampilan yang bercahaya.

Selain kurang tidur, posisi tidur yang tidak tepat juga dapat merusak tekstur kulit, seperti timbulnya kerutan. Dikutip dari Klikdokter (5/5/2021), posisi tengkurap dapat menyebabkan garis kerutan di wajah semakin terlihat, terutama di area mata serta bibir. Tekanan dari bantal juga bisa membuat mata terlihat lebih sembab saat bangun tidur.

tips merawat kulit wajah

2. Hindari Sinar Matahari

Tentu yang dimaksud adalah sinar matahari yang berlebihan. Sebab jika tanpa sinar matahari sama sekali, kamu justru bisa kekurangan Vitamin D. Padahal vitamin ini sangat penting, terutama di masa pandemi seperti sekarang, karena dapat meningkatkan sistem imun.

Selain Vitamin D-nya, sinar matahari juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur, meringankan gejala depresi, menjaga kesehatan tulang, mencegah rambut rontok, sampai membantu menurunkan berat badan. Sayangnya, terpapar sinar matahari berlebih dapat merusak kulit, hingga meningkatkan risiko terkena kanker kulit.

tips sederhana merawat kulit

3. Perawatan Kulit Sehari-hari

Nggak usah buru-buru tertekan mengingat mahalnya biaya perawatan kecantikan. Perawatan kulit sehari-hari hanya upaya sederhana, yang bahkan sudah kita lakukan sejak dulu. Misalnya mandi, untuk membersihkan bakteri dan sel kulit mati. Gunakan sabun muka untuk membersihkan kulit wajah. 

Lanjutkan perawatan kulit dengan menggunakan pelembab untuk wajah dan lotion untuk menjaga kelembaban kulit tubuh. Secara umum keduanya berfungsi untuk menghidrasi kulit, serta mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan. 

Sesuaikan skincare dan body care yang kamu gunakan dengan jenis kulitmu. Pastikan pula keduanya berbahan aman. Jika terjadi alergi, seperti iritasi dan sebagainya, ganti dengan produk dari merek lain. Sederhana aja, kan? Kalau mau mau lebih, ya silakan saja ke klinik kecantikan untuk perawatan optimal. Asal kebutuhan primer sudah terpenuhi, apa salahnya.

Yang salah, kalau kamu cuma pengin tampil cantik demi hasil selfie yang bagus. Padahal ada bejibun filter yang tersedia di berbagai aplikasi. Cantik itu bagus, tapi sehat lebih utama. Cantik juga relatif, terlalu banyak faktor yang memengaruhinya.

tips merawat kulit

4. Kelola Stres

Kamu tau dong, kalau stres itu dapat menyebabkan berbagai penyakit. Jangankan hanya jerawat, stres bahkan mampu menyebabkan seseorang menderita penyakit akut. Stres yang berlarut-larut dalam hitungan pekan dapat mengakibatkan penderitanya mengalami depresi.

Jadi, salah satu tips merawat kulit yang tidak boleh kamu lewatkan adalah mengelola stres. Disebut mengelola, karena semua orang pernah mengalami kondisi yang membuat ia tertekan. Namun stres tidak boleh menguasai kita, banyak yang sudah membuktikan bahwa stres dapat diatasi.

Dah, gak ada tips tambahan. Cukup empat itu saja untuk mendapatkan kulit wajah dan kulit tubuh yang sehat. Atau kamu punya tips merawat kulit tubuh lainnya? Tulis di kolom komentar, ya!

0 comments:

Post a Comment

pembacaku nan baik budi, gunakan profil google yg jelas ya, yg pake wp juga boleh langsung nama blognya. yg penting jgn anonim, pelan2 tamu anonim akan dihapus komennya dr blog ini.