5 Tips Liburan Berkesan di Jakarta

Libur panjang, Cuy! Saatnya menghabiskan duit yang sudah ditumpuk-tumpuk kemarin. Kalau ada, wkwk. Terutama bagi kamu wahai makhluk kantoran, momen libur panjang akhir tahun ajaran tentu sayang dilewatkan. Saatnya menyenangkan hati orang-orang tersayang ....

Beda dengan freelancer yang tiap hari ngumpulin duit, gak jelas jam kerjanya. Eits, kok malah curcol. Disyukuri aja, ya. Semua ada kelebihan dan kekurangan. Dan mari balik lagi ke topik semula: libur panjang.

Sebelumnya iluvtari pernah bahas seputar wisata di NTT, Lombok, Bandung, Bali, dan masih banyak lagi. Sekarang giliran Jakarta. Tapi kita gak fokus ke destinasinya, ya, Gengs. Melainkan sedikit tips liburan yang bisa bikin momen itu jadi lebih seru dan menyenangkan.

tips liburan di jakarta

5 Tips Liburan di Jakarta

Apa tantangan terbesar berlibur ke Jakarta? Apa lagi kalau bukan macet. Nah 5 tips berikut ini bisa membuatmu terhindar dari hal gak asyik yang gak perlu kamu rasakan selama liburan.
 

1. Rencanakan Perjalanan dengan Cermat

Jauh hari sebelum keberangkatan, buatlah rencana perjalanan secara saksama. Cari info tentang tempat-tempat yang ingin kamu kunjungi, perhatikan jarak antara satu tempat dengan yang lain, dan periksa jam buka tempat wisata tersebut. Dengan memiliki rencana yang teratur, kamu bisa memaksimalkan waktu liburanmu.

Kamu mungkin butuh info dari kenalan atau saudara yang berdomisili di Jakarta. Pengetahuan warga lokal umumnya lebih valid ketimbang yang kamu baca di brosur maupun internet. Jangan lupa saudaranya diajak jajan atau dibawakan oleh-oleh!

2. Pilih Waktu yang Tepat

Ingat, Jakarta adalah daerah yang rawan macet dan banjir, jadi perhatikan waktu liburanmu di sana. Hindari musim libur sekolah, libur nasional, dan tentunya perhatikan cuaca. Lah, bukannya sekarang ini memang masanya libur sekolah? Kembali ke poin 1. 

Kamu bisa cari tau, tempat wisata mana yang paling memungkinkan untuk dikunjungi. Kalau sekadar ramai ya gak masalah, yang penting tidak sampai berdesak-desakan. Kalau mau liburan yang hening, harusnya dari awal kamu gak pilih Jakarta.

3. Gunakan Transportasi Umum

Terutama kita yang bukan berasal dari kota besar, saat berada di Jakarta memang sebaiknya memanfaatkan sistem transportasi umum. Kamu gak perlu repot mikirin parkir, cari rute antimacet, dsb. 

Yang paling afdal adalah naik MRT, karena transportasi yang satu ini di Indonesia untuk sekarang baru ada di Jakarta. Pastikan kamu sudah tau rute MRT, jadwal, dan tarif moda transportasi ini sebelumnya, ya!

4. Hindari Jam Sibuk

Jika tidak bertepatan dengan masa liburan atau libur nasional, kamu perlu memahami dengan baik jam sibuk di Jakarta. Sebagai ibu kota negara, mobilitas warga Jakarta sangat tinggi. Jangan sampai niat hepi-hepi berubah stres, karena terjebak kemacetan lalu lalang manusia maupun lalu lintas kendaraan.

5. Jaga Keamanan dan Kebersihan

Di mana pun kita berada, dua hal ini tentu menjadi poin penting terutama saat menikmati perjalanan wisata. Ada banyak tempat yang menjajakan kuliner khas, tempat-tempat bersejarah, cagar budaya, hingga taman dan area terbuka hijau yang bisa kamu nikmati di Jakarta.

Menjaga keamanan itu bukan hanya waspada terhadap keselamatan diri dan keluarga, tapi juga memastikan kita dan keluarga tidak mengganggu keamanan dan kenyamanan orang lain. Begitu pula dengan kebersihan, kebiasaan menjaga lingkungan selalu bersih harus dipraktikkan baik saat di rumah maupun ketika bepergian.

Sudah siap berangkat? Kuylah kita halan-halan!

No comments